Total Pageviews

Saturday, September 17, 2016

Pengalaman Tes Psikotes dan Interview Awal posisi Account Officer Panin Bank Commercial

Halo Lads, salam jobseeker hehe
Kali ini , saya mau sharing mengenai Seleksi rekrutmen di Panin Bank
Saya awalnya melamar di panin bank melalui jobfair yang diselenggarakan Binus University
kira2 sekitar semingguan ada panggilan melalui email dari Panin Bank untuk mengikuti Psikotes tanggal 16 september 2016 bertemu dengan Ibu Maria, pukul 8.00 WIB di gedung Panin Bank Training Center Palmerah, gedung ini merupakan gedung pusat bagi para calon karyawan panin bank yang training biasanya training disini dulu. lokasinya deket dari stasiun palmerah, saya turun dari stasiun trus jalan kira-kira 500 meter masuk gang udah nyampe, daripada macet2an pas pagi naik ojek online.
Sampe lokasi agak telat dikit, alhamdulilah masih diberi kesempatan untuk ikut,
Di dalam ruangan kira-kira ada 25-30 orang pesertanya. ada temen saya juga yang dari kuliah ampe lulus bareng juga ada disitu,
Sebelum psikotes kita disuruh ngisi data dulu identitas dan ngumpulin fotonya 3x4 sebanyak 3 kali, trus fotocopy cv,ijazah, akte kelahiran , kartu keluarga dan sertifikat2 kalo ada sebaiknya dibawa buat nilai tambah
Psikotes berlangsung, psikotes terdiri dari :

1. EPPS
2. PAPI
3. menggambar pohon
4. menggambar orang
5. wartegg
6. tes KRAEPELIN(* hitungan dari bawah keatas)

pelajaran yang perlu diambil adalah :
1. untuk tes KREAPLIN : HARUS LATIHAN. meski kita jago hitung - hitungan, tangan kita bakalan gemeteran dalam situasi menegangkan seperti itu. dan JANGAN LUPA MAKAN!percayalah, tes kreaplin akan membuat kepala kamu berasap setengah jam setelah tes. (sumber : dari opini 19 dari 20 temenku)
2. untuk tes WARTEGG : Jangan lupa buat kode bergaris lengkung menjadi sesuatu yang hidup, sementara garis kaku membentuk benda tak hidup. Menggambarlah yang rapi!
3. untuk tes gambar POHON : buat pohon mangga, ditengah halaman, buat seideal mungkin, jangan membentuk sketsa dengan garis yang putus - putus. Menggambarlah dengan pasti, jangan terlalu ditekan. Karena banyak faktor yang akan dinilai dari gambar kita, bukan hanya dari bentuknya secara visual saja.
4. untuk tes EPPS, sampai sekarang aku nggak tau penilaian ny gimana, yang jelas melihat konsistensi kita dan kecocokan pribadi kita dengan jabatan yang akan dilamar.

Setelah Tes selesai dan diberi tahu bahwa nanti setelah sholat jumat sekitar jam setengah 2 ada tes interview awal, kebetulan sebelah kantornya ada masjid

tes wawancara dimulai, pewawancara sekitar 4 orang, dibagi jadi nanti dipanggil 4 orang sekaligus di 4 ruangan yang berbeda
saya urutan 10, kira2 saya panggilan ke 20 karena ada 1a,1,2a,2 dst

Sesi Wawancara :
Ini merupakan wawancara pertama saya jadi saya bener2 belum tau gambaran gimana wawancara aslinya, cuman baca2 dari internet.
Wawancara hari itu saya bertemu dengan pewawancara bernama Bapak Hendra, beliau masih muda, sesi wawancara lebih banyak ditanya seputar kegiatan di kampus ngapain aja, trus cv saya seperti ayah kerja dimana, ibu kerja dimana, adek kerja dimana , trus udah pernah kerja atau bisnis apa,
friendly banget bapaknya, jadi seperti ngobrol malahan, topik melebar sampe ke daerah asal, kebetulan saya berasal dari Jepara pusatnya meubel dan yang lagi ngehits wisata Karimun Jawanya
bapaknya tanya2 sampe kesitu, trus bagian akhir mengenai gaji, trus siap ditempatkan dimana saja dll
kira2 wawancara berlangsung 15 menit.
setelah itu kami dipersilahkan pulang.

No comments:

Post a Comment